Thursday, July 21, 2011

Mind Change

Belakangan ini angin terasa lebih kencang dari biasanya. Bahkan yang terjadi belakangan ini bisa menjadi cukup berbahaya. Ketika pada suatu kesempatan saya sedang mengendarai sepeda motor, angin berhembus, dan saya seperti dipaksa untuk mempertahankan arah. Bahkan ketika berhenti di perempatan lampu merah, angin pun bertiup kencang, memaksa kaki saya siaga terhadap perubahan arah angin yang terjadi.
Kadang dalam hidup kita dihadapkan pada suatu persoalan. Satu yang membedakan kita sebagai manusia, bukan robot, adalah bahwa kita berpikir. Dan kita belum tentu bertindak secara sama persis walaupun ada permasalahan yang sama.

Belakangan saya merasakan ada perubahan sikap dari diri saya. Sayangnya, bahkan saya sendiri merasakan bahwa itu perubahan menjadi lebih buruk. Saya mengucapkan sesuatu, saya melakukan sesuatu, kadang yang sudah saya pikirkan, ternyata tidak berjalan seperti apa yang saya rencanakan. Entah bagaimana bisa demikian, tapi saya merasa.
Perubahan sikap dapat dipengaruhi oleh banyak sekali faktor. Faktor dari dalam, maupun faktor dari luar. Hebatnya, saya bisa menganalisis mengenai hal ini, tanpa bisa menemukan apa yang menyebabkan hal tersebut.
Saya sendiri sering memikirkan mengenai dunia yang ideal, yang 'seharusnya'. Tapi jujur, belakangan ini saya sangat terpukul oleh pandangan saya mengenai dunia ideal tersebut. Saya bahkan menjadi sering melanggar aturan dunia 'ideal' tersebut. Kadang ini membuat saya berpikir. Bahkan setelah melakukan sesuatu yang salah, saya sadar. Saya menyadari kesalahan tersebut, dan saya tersentak. Heran. Bagaimana hal itu bisa berjalan demikian padahal sudah saya pikirkan matang matang sebelumnya.
Manusia datang dengan seribu rencana, dan Tuhan datang dengan satu keputusan. Bandingkan, yang manusia buat seribu kali bahkan belum tentu satu kali pun berhasil. Ketika Tuhan bilang, berubah, maka kamu akan berubah. Berusahalah untuk berubah selalu menjadi lebih baik dari hari kemarin. Koreksi yang kurang baik, dan tambahkan segala yang baik, serta jangan lupa selalu mengembalikan segala sesuatu kepadaNya...

No comments:

Post a Comment

2018

The Year of Holy Spirit