Wednesday, July 27, 2011

Chain of Memories

Kita belum berjalan jauh, sampai kita kembali ke rumah..
Satu kalimat dari sebuah film yang saya tonton, menggugah saya untuk berpikir jauh. Ada benarnya juga. Ketika kita memutuskan untuk pergi, kita akan menjalani kehidupan kita sebagai orang yang bepergian. Orang yang berjalan, mencari pengalaman baru, mencari makna sebuah kehidupan.
Tapi semuanya itu ketika kita jalani, tidak akan kita anggap sebagai suatu 'perjalanan jauh'. Kadang cukup aneh memikirkan mengenai hal itu. Tapi benar juga. Kita baru merasa bahwa kita telah melakukan suatu perjalanan jauh setelah kita kembali ke rumah tempat tinggal kita.

Sebagai pengandaian, mungkin seperti sebuah perahu yang kita lepaskan di hulu sungai. Perahu itu akan berjalan tanpa henti menuju ke hilir. Tapi seberapa jauh perjalanan perahu itu tentunya hanya dapat diukur dari hulu sungai.
Sebuah pengalaman hidup akan lebih bermakna ketika kita mengenangnya. Dengan kata lain, ketika kita sudah tidak dalam posisi menjalani pengalaman tersebut, maka pengalaman itu baru menjadi berarti. Karena itu ada baiknya kita selalu menyempatkan diri untuk memikirkan seberapa jauh kita telah berjalan, dan seberapa banyak yang telah kita dapatkan....

No comments:

Post a Comment

2018

The Year of Holy Spirit