Saturday, August 6, 2011

End of Days

Banyak sudah media yang mengupas tentang datangnya akhir jaman. Bukti otentik yang kita temukan adalah sebuah kalender yang dipakai oleh suku Maya. Kita bertanya tanya mengapa kalender tersebut berakhir pada angka tahun 2012. Benarkah angka tahun itu merupakan tahun terakhir bumi, akhir jaman.
Sempat saya baca cukup banyak artikel mengenai hal tersebut untuk mengetahui lebih dalam apa yang sebenarnya terjadi. Memang mengerikan. Sebenarnya banyak tanda yang telah muncul seiring mendekatnya akhir jaman. Saya sempat bertanya tanya, apakah teknologi ini tidak akan ada habisnya. Belakangan sangat amat semakin cepat kita menemukan hal baru yang merupakan sesuatu yang sebenarnya remeh, mungkin untuk jaman dahulu. Banyak penemuan yang sebenarnya sangat tidak diperlukan kehadirannya saat ini.
Anehnya semua penemuan itu terasa berjalan dan muncul secara bersamaan dengan timing yang sangat tepat. Saya tidak akan mengatakan apa saja penemuan itu. Tapi yang saya garis bawahi, sejauh mana kita bisa melangkah lagi. Akan ada suatu garis batas akhir, yang saya pikir jika kita lewati maka kita telah mengganggu keseimbangan yang sudah ada.
Bagaimana ini, saya belum menikah, bahkan punya pacar saja belum. Masa dunia sudah harus berakhir secepat itu.
Tidak ada yang perlu kita kuatirkan tentang akhir dunia. Karena sebuah akhir adalah sebuah awal. Seandainya memang akhir dunia sudah dekat pun, apa yang kita bisa lakukan. Teknologi kita saat ini bahkan masih tidak bisa meramalkan terjadinya gempa, -yang sudah saya coba coba simulasikan di excel-. Bagaimana mau menghindari akhir jaman. Akhir jaman bukan untuk dihindari.
Apa pun yang terjadi, seandainya akhir jaman sudah dekat pun, manusia layak berbangga. Banyak hal yang telah dilakukan, banyak proses yang menjadikan kita lebih baik. Ada kalanya kita terjatuh, tapi selalu ada cerita bahwa kita bangkit kembali. Karena manusia memang hanya ada di dunia untuk sementara. Jika memang ini akhir jaman, terjadilah padaku menurut perkataanMu.

No comments:

Post a Comment

2018

The Year of Holy Spirit