Friday, September 16, 2011

Superhero

Melihat kacau balaunya penataan negara kita saat ini, saya kadang kala berpikir. Apakah perlu demi bangsa dan negara kita tercinta ini seorang superhero?
Ok, di negara kita kadang kala terjadi perampokan. Dan belakangan menjadi perampokan berencana dan bersenjata. Untuk urusan yang satu ini bisa kita serahkan pada Superman, mm, mungkin juga Spiderman..
Namun setelah saya pikir pikir lagi, kedua superhero tersebut punya kelemahan. Tugas mereka selesai setelah penjahat tertangkap, selanjutnya itu urusan pihak yang berwenang. Mm, khusus di negara kita, dan beberapa negara yang lain mungkin, pihak yang berwenang terpecah menjadi dua bagian besar. Yang terlihat baik, dan yang korup. Sementara sebagian yang terlihat baik pun ternyata mungkin separuhnya korup.

Ok, saya akan serahkan pada seorang superhero yang lain, Batman. Dia sudah tinggal di kota Gotham, yang menurut pendapat saya jauh lebih korup dari kebanyakan kota di negara kita. Dan dia menyelesaikan dengan caranya sendiri. Hmm, tampaknya cukup kompeten.
Sampai saya berpikir lagi, belakangan banyak bencana alam yang terjadi. Dan...mm... Sepengetahuan saya, saya belum pernah membaca mengenai superhero yang melawan bencana alam...!?
Cukuplah tentang mencari superhero. Jika kita perhatikan dari sebutannya, super-hero, pahlawan - yang....lebih dari sekedar pahlawan? Untuk menjadi pahlawan tidaklah mudah. Banyak yang harus dihadapi. Mulai dari diri sendiri, rekan sendiri, lingkungan, baru kemudian musuh di seberang lautan.
Tidak semua orang bisa menjadi pahlawan. Tapi menurut saya, setiap dari kita adalah pahlawan. Ya minimal bagi diri kita sendiri. Kita berani bertindak, kita sudah pahlawan. Bahkan kita berpikir untuk bertindak pun, kita sudah menjadi calon pahlawan. Mulai dari hal yang sangat sederhana, di dalam lingkup yang tidak luas, kita dapat menjadi pahlawan. Ya kita sama sama berdoa semoga suatu saat kita bisa menjadi pahlawan, yang berguna bagi keluarga, rekan, lingkungan, maupun bangsa dan negara. Tetap semangat...

No comments:

Post a Comment

2018

The Year of Holy Spirit