Tuesday, December 27, 2011

Bahkan Senyum pun Bisa Terjadi Pada Saat Susah Menjelang : Catatan Akhir Tahun 2011 (3)

Adakah orang di dunia yang selalu tersenyum setiap saat setiap hari dimana pun juga? Atau adakah orang di dunia yang selalu cemberut setiap saat setiap hari dimana pun juga? Saya kira jawabannya sama, tidak ada. Bahkan seorang Miss Universe yang kita lihat selalu tersenyum setiap kali kita memandangnya (baik itu di tv, majalah, atau iklan) saya yakin pernah memiliki saat saat dimana dia harus cemberut, apa pun alasannya.

Bagi anda yang merasa bahwa tahun 2011 adalah tahun yang menyenangkan, tentu saja jika anda ingat dengan lebih jelas, tetap ada saat dimana anda merasa bahwa keadaan tidak berjalan sebagaimana mestinya. Sementara hal ini juga berlaku sebaliknya. Anda yang merasakan bahwa tahun 2011 adalah tahun penuh penderitaan, tahun penuh kesusahan, pasti anda akan menemukan suatu saat dimana senyum menghiasi wajah anda.
Memang sudah dari asalnya bahwa tidak ada kebahagiaan tanpa akhir atau pun penderitaan tanpa akhir. Semua hal di dunia pastilah ada akhirnya. Ada awl dan ada akhir, ada pertemuan dan ada perpisahan. Tentu saja tulisan ini saya lebih peruntukkan untuk anda yang merasa bahwa tahun ini adalah tahun kehancuran anda. Bagi anda yang merasa tahun ini anda menjadi pribadi yang lebih baik, jangan terlena, dan tetaplah berusaha lebih baik lagi untuk tahun depan.
Anda yang merasa tahun ini hancur, ingin dilupakan saja, jangan dilupakan. Ini adalah sebuah perjalanan kehidupan anda. Mungkin anda diputuskan oleh pasangan anda, atau dipecat dari pekerjaan anda, atau anda membuat suatu keputusan yang sangat merugikan anda. Yah, itu hanyalah sebuah peristiwa dari keseluruhan perjalanan hidup anda. Ingat, bahkan senyum pun bisa terjadi pada saat susah menjelang. Tidak ada terowongan tanpa akhir. Suatu kali anda akan melihat cahaya di ujung terowongan tersebut.

No comments:

Post a Comment

2018

The Year of Holy Spirit