Thursday, December 22, 2011

Stop Plagiatisme Sekarang Juga!

Sebuah kutipan dari Wikipedia, Plagiarism is defined in dictionaries as the "wrongful appropriation," "close imitation," or "purloining and publication" of another author's "language, thoughts, ideas, or expressions," and the representation of them as one's own original work. Intinya kurang leih begini, menyalin, meniru atau menjiplak hasil karya orang lain tanpa seijin dari yang menciptakan karya. Tentunya bagi kita yang benar benar punya hobi menulis atau berkarya, hal ini sangat menjengkelkan. Bagaimana tidak, kita sudah susah susah menyusun suatu karya tertentu, dan akhirnya orang lain menyebarkan dan mendapat nama.
Ya, bukan maksud saya bahwa yang menciptakan karya adalah orang yang gila popularitas, tapi mereka memang layak mendapatkannya jika mereka yang menciptakan karya tersebut. Daripada orang yang hanya menjiplak karya mereka. Di era internet saat ini semakin sulit untuk melindungi karya kita, karena di luar sana sangat banyak plagiat yang berburu. Setidaknya kita bisa meniru sebuah idea, tapi bukan product nya. Mungkin kita terinspirasi oleh sesuatu, tapi bukan meniru total dari apa yang membuat kita terinspirasi.
Ketika saya blogwalking hari ini, saya menemukan sebuah blog yang bisa dikatakan menginformasikan mengenai perlindungan terhadap karya kita, khususnya karya dalam bentuk tulisan. Blog ini memberikan sebuah cara yaitu dengan menyisipkan sebuah script. Sedikit saya ambil dari blog tersebut:

pada tag <body> tambahkan atribut:
oncopy="return false;"
jadinya nanti seperti ini :
<body oncopy="return false;">

Sebenarnya saya sempat kebingungan karena pada tag body saya sudah terdapat embel embel yang lain, tapi ternyata menyisipkan kode itu setelahnya tetap bisa berlaku. Kemudian saya coba, dan ya, untuk kelihatannya, benar, tulisan pada blog saya tidak bisa disalin dengan cara meng-copy. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

2018

The Year of Holy Spirit